Musik Tanjidor

banyak sekali seni budaya yang ada di Indonesia salah satunya yaitu “ Tanjidor” bagi masyarakat betawi di gunakan untuk memriahkan hajatan seperti pernikahan, khitanan, atau pesta-pesta umum seperti untuk merayakan ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan.

Saat ini perkembanagan musik tanjidor semakin langka karena kurangnya minat generasi muda untuk mempelajarinya. Di samping itu, usia alat-alat Tanjidor sudah semakain tua bahkan banyak alat musiknya yang sudah rusak.

“Untuk itu mari kenalai lebih dalam tenatang alat musik tanjidor”.

Musik Tanjidor

Tanjidor adalah sejenis orkes rakyat betawi yang menggunakan alat musik barat, terutama alat musik tiup. Tanjidor berkembang di daerah pinggiran jakarta. Pada mulanya tanjidor tumbuh dari kalangan tuan-tuan tanah berkebangsaan Eropa, seperti tuan tanah di Citeureup dan Cibinong.

Pada umumnya alat musik pada orkes tanjidor terdiri dari alat musik tiup seperti klarinet, trombone, dan piston. Selain itu, juga di lengkapi juga dengan alat musik pukul seperti bas drum, tenor dtrum, dan snar drum. Untuk pagelaran, alat musiknya sering kali ditambah denagn alat musik gesek misalnya tehya dan beberapa alat musik pukul lainnya seperti rebana, gendang, dan tamburin.

Tanjidor dimainkan oleh kaum laki-laki yang berjumlah tujuh samapai sepuluh orang. Sedangkan perempuan hanya berperan sebagai penari topeng tanji. Para pemain tanjidor mengenakan pakaian adat betawi yang terdiri dari :baju koko,piyama batik, selempang batik, alas kaki yang modelnya sama, dan peci.

Lagu-lagu yang biasa dibawakan orkes tanjidor seperti surilang, jail-jali. Gunung dll. pementasan tanjidor biasanya dilakukan di arena tebuka. Lamanya biaanya mencapai tuhu jam.

Sumber : ” Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta”  Galaxy Puspa Mega

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s