Makana yang berbahaya bagi kesehataan

Kita pasti pernah membeli kue atau makan dan minuman, yang di jual di luar atau sekitar rumah.makan tersebut belum tentu terjamin kesehataannya sehingga dapat mengakibatkan sakit perut atau lambung, alat pencernaan lain pun dapat terserang penyakit jika makan tidak bersih atau higienis.

Cirri-ciri makan yang tidak baik untuk di konsumsi adalah:

  • Sudah ditumbuhi jamur dan dihinggapi lalat,
  • Berubah warna
  • Sudah membusuk
  • Sudah batas kadaluwarsa
  • Makanan disimpan dalam wadah seperti kaleng yang sudah berkarat
  • Makana yang sudah di cemari hewan
  • Makan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya

Salah satu berita yang menarik dalam dua hari terakhir ini adalah tentang ditariknya  mie instant Indomie di Taiwan. Tentu saja informasi seperti itu baik bagi konsumen untuk lebih berhati-hati.  Tanggapan terhadap  berita tersebut sangat beragam. Ada yang mengatakan memang  tidak pernah menyukai  mie instan, ada yang mengatakan kaget, ada yang mengatakan akan tetap mengkonsumsi mie instan.

Seperti biasanya  ada juga – yang bagi saya terkesan berlebihan –  yang mengatakan  dan menanamkam kesan-bahwa mie instan  dengan bahan  pengawetnya adalah  makanan yang sangat berbahaya. Tanggapan atau pandangan seperti ini juga pernah diberikan kepada produk minuman bersoda, makanan cepat saji yang sering disebut junk food.

Pada dasarnya semua yang berlebihan itu tidak baik. Cuka yang ada di kuah pempek  kalau kebanyakan juga bisa berbahaya.  Makan pempek tiga kali sehari juga mungkin tidak baik, apalagi bagi orang  yang mempunyai masalah dengan  pencernaannya. Begitu juga dengan Indomie, minuman bersoda  dan  makanan cepat saji yang dikatergorikan sebagai junk food. Makanan-makanan tersebut  bukanlah makanan yang untuk dikonsumsi tiga kali atau bahkan satu kali sehari.

Garam atau bumbu penyedap kalau kebanyakan juga bisa berbahaya. Apalagi bagi pengidap penyakit tertentu. Kalau ada kasus orang sampai sakit atau meninggal setelah mengkonsumsi sesuatu maka perlu diketahui terlebih dahulu kondisi orang tersebut. Misalnya, bisa saja orang yang menderita penyakit  darah tinggi atau kolesterol terserang stroke setelah makan durian. Bukan lantas buah duriannya yang disalahkan.  Perlu didalami dulu berapa banyak buah durian yang dikonsumsi. Kalau  satu orang memakan tiga buah durian,  ya jelas saja bisa berbahaya. Apalagi kalau makannya  di atas rel kereta api, maka  itu  menjadi lebih berbahaya.

Tubuh manusia mempunyai batas toleransi yang berbeda-beda terhadap zat-zat yang masuk kedalamnya. Makan nasi terlalu banyak buat penderita penyakit diabetes juga bisa berbahaya. Ada orang yang alergi terhadap makanan tertentu, dan lain sebagainya.

Karena itu mengkonsumsi makanan juga perlu dilakukan secara bijak, baik dalam hal jumlahnya, pengolahan, waktunya. Dalam hal mengkonsumsi mie instan misalnya, merebus mienya  bisa dilakukan dua kali. Pertama kali rebus mie tanpa bumbu dan bahan masakan pendamping lainnya. Setelah mie cukup lembek, buang air rebusan mie tersebut dan gantikan dengan air  yang baru. Dengan demikian jumlah bahan pengawet yang ada pada mie instant tersebut bisa diminimalisir.

Setelah  mie direbus dengan air yang baru sekitar lima menit, masukkan bumbu mie instan tersebut. Masukkan sayur sawi yang telah dipotong-potong dan telur ayam yang telah direbus terpisah. Jika suka, tambahkan dua buah cabe rawit yang dipotong kecil-kecil. Tambahkan lima sendok besar kornet sapi kedalam rebusan. Setelah dua menit, pindahkan rebusan ke dalam mangkuk.  Taburkan parutan keju diatasnya dan mie instan lezat siap dikonsumsi.. Apalagi jika dompet sedang tebal, hmmm…yummy……. nikmatnya tiada tara.

http://kesehatan.kompasiana.com/group/makanan/2010/10/12/semua-makanan-bisa-berbahaya/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s