Berita Koperasi Indonesia

Presiden SBY: Indonesia Masih Butuh Koperasi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan, keberadaan koperasi masih dibutuhkan di Indonesia. Untuk mengangkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kepala daerah harus peduli membantu tumbuh kembangnya koperasi.

“Orang kaya memang tidak merasakan itu. Tapi saya dan keluarga sangat terbantu dengan adanya koperasi. Itu terasa saat saya berdinas di TNI, karena sejak awal saya aktif menjadi anggota koperasi,” kata SBY dalam sambutannya di Hari Keporasi ke-63 di Surabaya, 15 Juli 2010.

Ada empat alasan menjadikan UMKM sebagai basis ekonomi kerakyatan. Pertama, sejak Indonesia membangun perekonomian dari era Presiden Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurahman Wahid, Megawati dan hingga kini pemimpinnya selalu mengingatkan pentingnya menumbuhkan perekonomian melalui koperasi.

Menurut SBY, UMKM memiliki peran penting meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. “Oleh sebab itu kita tidak boleh menganggap remeh keberadaan koperasi,” lanjutnya.

Di negara sedang berkembang seperti Indonesia yang masih banyak masyarakat miskin dan menganggur. Guna menekannya peran koperasi sangat diperlukan untuk membantu pemerintah membuka lapangan kerja.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 240 juta jiwa atau urutan empat besar jumlah penduduk terbanyak di dunia, Koperasi diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Lihat saja ada sifat sosialnya, gotong royong dan tolong-menolong serta ajaran demokrasi yang luhur. Dengan masing-masing satu suara, mereka melakukan pemilihan ketua, itu ciri demokrasi,” lanjutnya.

Kedepan, SBY berharap koperasi diperbanyak di semua lini sektor kerja. Tujuannya, membantu mengatasi ekonomi anggota dan diteruskan ke masyarakat sekitarnya. Seiring dengan perkembangan jaman, pihaknya menyarankan koperasi dikelola dengan menerapkan teknologi informasi (TI).

“Azaz koperasi tetap dipegang teguh, kemudian diperkuat dengan pengelolaan yang ditunjang teknologi informasi. Maka hasilnya bisa diakses oleh masyarakat luas,” pungkasnya.

http://koranbaru.com/presiden-sby-indonesia-masih-butuh-koperasi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s