SYARAT-SYARAT MENULIS DI INTERNET

Syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk menulis di internet? Bagi Anda yang sudah terbiasa menulis secara tercetak, mungkin ini pertanyaan yang kerap muncul. Meski pertanyaan ini bagi sebagian besar orang terdengar kurang relevan, tapi toh masih banyak yang memang penasaran dengan hal ini. Tidak mengapa. Mari kita lihat.

Sebenarnya, hampir tidak ada yang membedakan syarat penulisan di media cetak maupun media internet. Sebelumnya, memang sempat disebutkan kalau penyajian tulisan untuk media internet sebaiknya pendek-pendek, jangan memakai kalimat yang panjang-panjang. Namun, “peraturan” seperti itu tampaknya sudah kurang relevan lagi. Apalagi belakangan ini ada ribuan buku yang dialihkan dari bentuk cetak ke bentuk elektronik. Kecuali Anda memang mau menulis berita, sebaiknya tidak usah ambil pusing.

  1. Orisinalitas

    Salah satu syarat utama dalam hal ini ialah orisinalitas. Pembaca mudah tertarik dengan hal-hal yang unik. Mulai dari pemilihan judul sampai kepada isi yang dituangkan. Semakin unik, semakin menarik pembaca. Tetapi jangan sampai berlebihan.

    Orisinalitas juga berarti berbeda dari yang lain. Konsep awal tulisan Anda mungkin diinspirasi oleh tulisan orang lain, entah itu berupa opini, esai, maupun cerita fiksi. Tapi Anda tetap harus melangkah lebih jauh daripada sekadar memberi apresiasi atau terus menulis dengan meniru tulisan orang lain. Alih-alih sebagai penulis, Anda akan dituduh sebagai penjiplak.

  2. Bertanggung Jawab

    Anda memang bebas menulis apa saja di internet. Jenis tulisan yang bagaimanapun dapat Anda taruh di sana tanpa takut mendengar seorang editor berteriak, “Tulisanmu terlalu mengambang!” Hanya saja, tulisan Anda sekaligus mesti menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab terhadapnya.

    Tanggung jawab Anda ini dapat ditunjukkan dengan memberikan penjelasan seperlunya terhadap keadaan yang Anda tulis. Dalam karya fiksi, Anda harus menyajikannya secara logis sehingga pembaca melihat Anda sebagai penulis yang memang bertanggung jawab. Sementara tanggung jawab penulis dalam opini, ulasan, dan tulisan nonfiksi lainnya dapat ditunjukkan dengan memberikan fakta-fakta yang ada (dan mungkin terlewatkan oleh perhatian pembaca).

  3. Sesuai Pasar

    Anda harus menyadari bahwa Anda tidak akan bisa memuaskan semua pihak melalui tulisan Anda. Hampir mustahil untuk menulis bagi seluruh bidang dan memuaskan orang-orang di setiap bidang. Alih-alih memuaskan, Anda akan dicap sebagai penulis yang suka ngawur hanya karena keliru mengangkat salah satu bidang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengenali para pembaca Anda.

    Kalau Anda mau menulis untuk remaja, sajikanlah tulisan yang memang relevan bagi mereka. Kalau Anda ingin menulis untuk kalangan bisnis, sajikanlah sesuatu yang sesuai bagi dunia bisnis. Kalau Anda ingin menulis dongeng anak, sesuaikan pula dengan pola pikir mereka. Dengan kata lain, tulislah sesuatu yang memang merupakan minat dan level maupun genre bahasa dari pasar yang Anda bidik.

    Demikian pula ketika Anda memutuskan menuangkan tulisan di sebuah komunitas. Beberapa situs komunitas menuntut Anda menulis sesuai tema yang ditentukan. Sebagai contoh, pada situs Pelitaku, Anda tidak dapat menulis fiksi di sana, kecuali pengelola memutuskan membuka seksi fiksi.

MULAI DENGAN BLOG

Bagaimana memulainya? Mulailah dengan menulis blog. Manfaatkan saja situs-situs yang menyediakan layanan blog gratis. Anda tinggal memilih: situs yang menyediakan layanan blog gratis dalam format komunitas (misalnya, SABDA Space di http://www.sabdaspace.org) atau situs yang memberikan ruang untuk menulis blog, berikut alamat yang spesifik.

Perbedaannya, situs blog berbasis komunitas hanya akan memberi Anda wadah untuk menulis, tapi tanpa memberikan alamat spesifik untuk halaman blog Anda. Sementara layanan blog lainnya memberikan alamat blog khusus sesuai selera Anda, plus ruang menulis, dan juga ruang untuk mengunggah berkas-berkas tertentu (teks maupun gambar).

Anda tidak perlu khawatir merasa tertinggal. Tidak ada kata terlambat untuk memulai segala sesuatu yang baik. Anda hanya perlu menulis, menulis, dan menulis. Lalu kalau merasa usulan dari para pembaca Anda akan mempertajam tulisan Anda, jangan segan-segan melakukan revisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s