Khasiat Minyak Zaitun

Sering kita mendengar istilah minyak zaitun, akan tetapi kebanyakan orang tidak tahu bahwa minyak zaitun itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan & kecantikan.

Image

Khasiat minyak zaitun – Zaitun merupakan pohon berkah yang memiliki keistimewaan tersendiri dimana banyak manfaat dan khasiat tersembunyi di dalamnya. Hingga saat ini banyak yang membicarakan khasiat minyak zaitun di bidang kesehatan maupun kecantikan. Buah dari pohon zaitun ini dapat dimakan secara di masak maupun secara mentah dan buah yang sudah tua diproduksi dengan diperas diambil minyaknya dan diprosese lagi hingga menjadi minyak zaitun.

– Ibnu Abbas berkata, padazaitun terdapat manfaat-manfaat; minyaknya dapat menyala, menjadi lauk pauk, kuah, lemak, buah penyamak, buah bakar dengan kayu dan buihnya. Dan tiada sesuatu dari bagian zaitun, melainkan bermanfaat, bahkan abunya dapat digunakan mencuci luka-luka dan tumor.

– Kata “zaitun” di dalam Al-Qur’an disebutkan sebanyak 7 kali, yang merupakan pohon pertama yang tumbuh di muka bumi ini dan pohon pertama yang dapat tumbuh setelah terjadinya banjir besar (masa Nabi Nuh). Zaitun adalah pohon yang tumbuh di tempat-teempat tinggal para Nabi dan tempat-tempat suci. Zaitun didoakan oleh 70 Nabi akan keberkahannya, antara lain oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad ketika beliau bersabda “Berkahilah kami pada minyak dan zaitun ini”. Beliau mengulangi doanya hingga dua kali. Juga sebagaimana disabdakan beliau “Makanlah zaitun dan ambillah minyak darinya, karena zaitun itu adalah pohon berkah”.

– Al-Dzahaby mengatakan “Minyak zaitun merupakan sarapan pagi dan antitoksin orang-orang fakir”. Zaid bin Arqam juga berkata “Saya pernah mendengar Nabi menyifati minyak dan daun hijau sebagai obat radang selapun dada”. Meskipun banyak ulama membolehkan kayu pohon “arok” digunakan ber-siwak (sikat/gosok gigi) namun sebagai ulama lebih mengutamakan menggunakan kayu zaitun untuk siwak, karena zaitun adalah pohon berkah.

– Dalam tulisan-tulisan Cina 5000 tahun yang lalu, ditemukan kata pohon zaitun. Juga banyak disebutkan dalam kitab Taurat, Injil, dan di dalam manuskrip-manuskrip Yunani dan Roma, dan digunakan oleh penyihir-penyihir Arab. Ibnu Waki’, dalam beberapa untaian kalimat syairnya berkata “Pandanglah pohon zaitun kita, di dalamnya terdapat penawar jiwa”.

– Zaitun banyak diwarnai deengan peristiwa cerita legenda, peperangan, dan perjanjian-perjanjian lampau. Juga dalam perdagangan, sains, kebudayan, peradaban, dan kedokteran, tingkai zaitun senantiasa menjadi simbol abadi dan simbol perdamaian dunia. Pohon zaitun, usianya bisa mencapai labih dari 600 tahun lamanya. Dalam satu pohon dapat memproduksi antara 15-16 kilo minyak dalam satu musim dan selalu dalam kehijauan di sepanjang hidupnya.

– Buah zaitun merupakan satu-satunya buah yang mengandung glukosid (glucosides) yaitu komposisi nabati yang di dalamnya terdapat glukosa (gula anggur). Pada zaitun terdapat 85% garam mineral, seperti fosfor, sulfat (garam asam belerang) potasium, magnesium, kalsium, besi, tembaga, khlor, dan sedikit mengandung protein, dan vitamin A, B, dan C. Pada setiap 100 gram-nya terdapat 224 kalori. Buah zaitun yang matang memiliki nilai gizi tinggi sesuai dengan kadar minyaknya yang semakin tinggi. Buahnya yang hijau dikonsumsi dengan garam. Negara-negara yang banyak memproduksi zaitun adalah Spanyol, Portugal, Yunani, Turki, dan umumnya negara-negara di seputar Laut Putih tengah.

– Para dokter zaman dahulu memuji zaitun, baik minyaknya, daunnya maupun bagian-bagian lainnya. Di antara perkataan mereka “Zaitun sangat baik untuk merangsang nafsu makan, menguatkan usus, membuka penyempitan, memperbaiki warna kulit, cocok untuk tubuh yang lemah, namun berlebihan mengonsumsi zaitun menimbulkan kehitaman pada tubuh, yang mungkin menimbulkan kudis dan kulit bintil-bintil gatal. “Mereka juga menyifati zaitun sebagai anti penyakit hati, dan zaitun matang sangat baik untuk penyakit hati.

– Daun zaitun jika dikunyah dapat menghilangkan keruskan pad gusi dan tumor tenggorokan. Jika air zaitun atau sarinya dibalut atau ditempelkan pada tubuh akan mencegah kemerahan, kesemutan, bisul, dan penutup luka. Dan jika daun zaitun dan sisi-sisi halusnya ditumbuk, lalu meletakkan pada otot tumit bagian belakang dengan empat jari akan bermanfaat menyembuhkan sakit encok pada pangkal paha.

– Jika daun zaitun dimasak dengan air sampai lunak dan usang makan dapat menghilangkan sakit persendian dan encok. Dan air zaitun jika diserapkan ke dalam tubuh (suntikkan) akan menghilangkan luka perut dan usus. Jika semua bagian-bagian zaitun dimasak dengan air tanaman bakung (aloe) dan air bawang bakung (bawang perai) sampai menyatu, ia dapat menjadi obat mujarab untuk penyakit-penyakit pada bagian belakang (pantat) terutama untuk (melonggarkan) saluran pembuangan air. Abu-abu (kecoklatan) pada daun zaitun jika dicampur dengan air kurma dan madu dapat mengobati penyakit kulit dan bintik-bintik.

– Jika zaitun dikunyah dapat memulihkan ingatan dan dibalutkan pada luka, memperbaiki gigi yang erosi, menghentikan batuk ringan. Uap partikel zaitun mengobati penyakit asma (bengek), batuk kronis (yang bertahun-tahun), inti partikel zaitun jika dibalutkan pada kuku-kuku kusta makan akan menjadi kuat. Apapun bagian zaitun jika dimasak dan dioleskan makan dapat menyembuhkan sakit kepala kronis (yang bertahun-tahun), migran, dan penyakit mabuk (vertigo).

– Penelitian modern mengindikasikan pentingnya minyak zaitun untuk mencegah dari sejumlah penyakit modern seperti mengerasnya pembuluh darah, tekanan darah tinggi, kanker payudara, dan kanker rahim. Menurut para ilmuwan semua ini karena minyak zaitun yang banyak mengandung anti-oksidasi yang bekerja untuk menjaga tubuh dari sisa-sisa makanan melalui proses metabolisme atau pertukaran zat dalam tubuh. Yaitu lebih dikenal dengan sebutan Jaziat al-Hurrat (molekul bebas) yang berperan besar dalam menhancurkan sel-sel tubuh dan memerangi penyakit yang kini disebut penyakit modern.

– Minyak dan buah zaitun dapat menjadi resep makanan bergizi, bersifat melancarkan dan memudahkan air empedu, menghancurkan batu kemih, dan berguna untuk penyakit gula. Caranya, mengonsumsi satu hingga dua sendok minyak setiap pagi satu kali, dan satu kali di malam hari sebelum tidur, dan dapat juga ditambahkan dengan jus jeruk nipis.

– Untuk menjaga kulit wajah dan tubuh, seperi bisul, borok, dan jerawat. Yaitu dengan cara meletakkan pada bagian-bagian penyakit tersebut dari bahan-bahan zaitun yang matang dan ditumbuk halus. Sedangkan untuk mengobati kekurangan darah dan sejenis penyakit tulang (rachitis) yang biasa diderita anak, adalah dengan cara menggosokkan pada badan dengan minyak zaitun.

– Sedangkan untuk mengobati penyakit radang saraf, pembengkokan persendian, yaitu dengan menggosokkan ujung bawang putih yang telah dikuliti ditambah dengan 200 gram minyak zaitun; obat ini berguna untuk dua sampai tiga hari, lalu menggosokkan pada bagian-bagaian yang sakit selama beberapa kali.

– Untuk mengobati rambut rontok dengan cara menggosokkan pada kulit kepada dengan minyak zaitun di malam hari selama sepuluh hari lalu kepalanya ditutup selama semalaman kemudian mencucinya di waktu pagi. Sedangkan untuk mengobati penyakit tulang (encok) dengan cara merendam kembang pohon baboon yang kering ke dalam minyak zaitun dan menghangatkan pad bak mandi, lalu dijemur di bawah matahari selama empat hari, kemudian digosokkan pada bagian-bagian yang sakit.

– Untuk mengoobati penyakit kulit yang gatal (impetigo; seperti kurap dan kadas), diletakkan pada sisi bagian kulit yang gatal bahan-bahan dari rendaman daun-daun nabati (jenis tanaman kentang), dalam 200 gram minyak zaitun selama satu minggu. Untuk mengobati penyakit tangan dan kaki karena kedinginan adalah dengan cara mengolesi atau menggosok campuran minyak zaitun dan gelsren dengan kadar yang sama. Sedangkan untuk mengobati semebelit kronis adalah dengan cara menginjeksi dari 200-400 gram minyak zaitun ditambah dengan air setengah liter.

– Kini minyak zaitun telah ditambah dengan air setengah liter, membuat bahan-bahan kecantikan, sebagai bahan makanan, sebagaimana juga digunakan untuk kepentingan medis dan industri-industrinya serta untuk pengemasan ikan kaleng dan sebagainya

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s