Odol Bisa Bikin Jerawat Kempes?

Image

 

Tumbuhnya jerawat di muka memang menjengkelkan. Perubahan hormon ini dapat merusak penampilan dan tentu saja menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengempeskannya dengan cepat, ada yang menganjurkan untuk menempelkan pasta gigi alias odol di bagian jerawat. Benarkah berkhasiat?

Jerawat terbentuk ketika folikel di bawah kulit tersumbat. Kebanyakan jerawat terbentuk pada wajah, leher, punggung, dada dan bahu. Jerawat dapat muncul pada kulit siapa pun, tetapi paling sering muncul pada kulit remaja dan dewasa muda. Jerawat tidak berbahaya, namun dapat menimbulkan bekas.

Jerawat dapat meninggalkan bekas hitam atau bahkan bekas cekung di kulit. Untuk mengempeskannya dengan cepat, banyak yang menganjurkan menempelkan pasta gigi di bagian jerawat yang memerah.

Tapi para ahli mengatakan pasta gigi tidak bisa membantu menghilangkan jerawat. Ada berbagai jenis pasta gigi dan banyak pula yang mengandung bahan-bahan yang dapat merusak kulit, seperti dilansir kidshealth.org, Kamis (15/3/2012).

Namun kandungan triklosan yang merupakan senyawa antibakteri, sebenarnya bisa membantu mengatasi jerawat. Kandungan menthol juga bisa membantu mengeringkan kulit sehingga mengurangi ukuran jerawat.

Sayangnya, komposisi kandungan pasta gigi lebih mungkin menyebabkan iritasi kulit. Bahkan bila digunakan pada bagian yang berjerawat dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi makin parah.

Lebih banyak gunakan obat yang memang dirancang untuk jerawat. Cobalah krim atau gel yang mengandung asam salisilat 1% atau benzoil peroksida 2,5%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s